Artikel Terbaru

RUMPUT VETIVER ( AKAR WANGI ) | RUMPUT PENCEGAH TANAH EROSI

RUMPUT VETIVER

Rumput vetiver adalah sejenis rumput yang menyerupai alang-alang dan masih sejenis dengan rumput serai . rumput vetiver sering sekali dikenal dengan akar wangi dan nama latinya pun adalah ( vetiveria zizanioides ) atau usar ( vetiveria nigritana ), adalah jenis rumput – rumputan berukuran besar yang memiliki banyak keistimewan . sedangankan dalam bahasa daerah dikenal dengan uesur ( gayo ) dan masih banyak lagi nama daerah nya .

Untuk Info Harga & Pemesanan :
Hadi Indrawansyah
Telp : 082210941701
WhatsApp : 089509239530

BIBIT RUMPUT VETIVER

Rumput vetiver dapat tumbuh di perbukitan , dataran rendah , bahkan daerah rawa atau pada tanah yang kondisinya sangat buruk ( bekas tambang ) . baik dengan curah hujan rendah , kurang dari 200 mm. mau pun curah hujan tinggi lebih dari 3000mm.

BERIKUT BENTUK FISIK RUMPUT VETIVER

JUAL RUMPUT VETIVER
      BENTUK FISIK RUMPUT VETIVER
  • Tanaman ini merupakan tanaman tahuunan yang tumbuh tegak dengan tinggi 1.5 sampai 2.5 meter .
  • sistem perakaranya dalam dan masif , mampu masuk sangat jauh kedalam tanah .bahkan mampu menebus hingga 5,6 meter kedalam tanah .
  • bila ditanam dilereng-lereng keras dan berbatu , ujung ujung akar vetiver mampu masuk menembus dan menjadi semacam jangkar yang kuat . cara kerja akar ini sperti besi kolom yang masuk menembus lapisan tanah . dan pada saat yang sama menahan partikel partikel tanah dan serabutnya . kondisi seperti ini dapat mencegah erosi yang disebabkan oleh angin dan air sehingga rumput vetiver dijluki besi kolom hidup .
  • batang rumput vetiver kaku dan keras , tahan terhadap aliran airan dalam ( 0.6-09 m ).
  • rumput vetiver jika ditanam yang berdekatan membentuk baris / pagar yang rapat hal tersebut dapat mengurangi kecepatan aliran air , mengalihkan menahan matrial sendimen dengan tanpa harus merubah arus aliran air dan dapat menjadi filter yang efektif.
  • Rumput vetiver tidak dapat menghasilkan bunga dan biji yang dapat menyebar luas seperti alang-alang dan rumput lainya .

SYARAT TUMBUH RUMPUT VETIVER

  • Rumput vetiver dapat tumbuh di dataran dengan ketinggian 500 m hingga 1500 m dpl . dengan curah hujan 500 – 2500 mm pertahun . suhu udara lingkungan 17-270c membutuhkan sinar matahari yang cukup dan lahan terbuka , kondisi lahan terbaik adalah tanah berpasir , atau daerah aliaran gunung merapi . meskipun rumput vetiver dapat tumbuh dilahan yang ekstrim masih mapu tumbuh .
  • waktu penanaman rumput vetiver dapat sepanjang tahun , namun yang terbaik waktu pada penanaman pada awal musim hujan , agar dapat tumbuh secara optimal .
JUAL RUMPUT VETIVER
RUMPUT VETIVER DAN SYARAT TUMBUH

KEGUNAAN RUMPUT VETIVER

Tanah dan air salah suberdaya alami yang sangat penting menjaga eksitensi kehidupan dibumi  telah banyak mengalami penurunan fungsi dan kualitas akibat beberapa faktor . alih fungsi hutan berubah menjadi perkebunan tanaman industri dan homogen, serta aktivitas pertambangan terbuka merupakan faktor utama yang mempengaruhi degradasi tanah dan air .
penurunan kualitas tanah dan lahan terjadi ketika peroses alih tempat pada lapisan tanah atas ( top soil ) yang subur akibat terbawa aliran air permukan atau dalam kegiatan pertambangan terbuka . selain itu , masukan ppuk kimia secara terus menerus kedalam tanah yang dilakukan secara intensif , mengakibatan kesuburan tanah menurun dan mangakibatkan penurunan produkfitas tanaman budidaya..
air , sebagai materi kehidupan utama yang tersedia di bumi , secara alami mengalami mengalami siklik dan terus menerus air laut menguap menjadi uap air membentuk awan awan akibat radiasi sinar matahari pada siang hari . awan atau akumulasi dari uap air bergerak tertiup angin dan kembali berubah menjadi air ketika hujan . air hujan yang memasuki tanah sebagian digunakan tanaman hidup sementara sebagiabn lainya mengisi badan badan air untuk digunakan untuk hewan dan manusia dan mengalir ke laut . hal ini disebut sebagai hidrologi .

peristiwa pengikisan tanah akibat aliran air permukan sendiri secara alami terjadi dalam jumlah yang kecil . hal ini kemudian diketahui dipercepat akibat perlakuan manusia .

alih fungsi hutan mengakibatkan tanah menjadi terbuka sehingga air hujan menjadi daya perusak ketika langsung menumbuk tanah .

HARGA RUMPUT VETIVER TERBARU

Kami adalah segenap petani rumput vetiver yang berlokasi didaerah sawangan depok , Kami siap mebantu anda dalam memecahkan masalah dan mencari solusi pemanfatan lahan secara optimal , yang dimana banyaknya lahan terbuang sia sia dikarnakan lahan yang curam dan rawan longsor . disini kami menawarkan harga rumput vetiver murah dengan harga Rp 2.500/ batang.
RUMPUT VETIVER ( AKAR WANGI ) | RUMPUT PENCEGAH TANAH EROSI RUMPUT VETIVER ( AKAR WANGI ) | RUMPUT PENCEGAH TANAH EROSI Reviewed by Tukang Taman on 02.58 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.